Tertimbun Material Longsor Selama 60 jam 2 Warga Pekon Air Kubang

Peristiwa27 Views

 

 

 

 

 

TANGGAMUS – Dua warga Pekon Air Kubang, Kecamatan Airnaningan, Kabupaten Tanggamus, tertimbun material longsor selama 60 jam jasadnya. Saat ditemukan warga, jasadnya dalam posisi bertumpuk, Minggu (26/5).

 

Disampaikan tetangga korban Widi (30) yang merupakan tetangga kebun korban. “Almarhum Sopiyan (54) dan Dafik Iswanto (29) ditemukan bertumpuk, tertimbun material longsoran sedalam 1 meter,” terangnya.

 

Sebelumnya, pada Kamis pagi (23/5) kedua Almarhum yang diketahui sebagai ayah dan anak tersebut, bersama-bersama warga lainnya bergotongroyong turbin di daerah register, Sumberjaya 3, Pekon Sinarjawa, Kecamatan Airnaningan.

 

Saat bergotong royong Almarhum bercerita pada tetangga lainnya, Lihan (32) bahwa akan merapikan sedikit longsoran yang berada di bawah kebunnya.

 

Selanjutnya, pada Sabtu siang, (25/5), pukul 14.00 WIB, Lihan (32), menaruh curiga. Karena almarhum Dafik yang sering berkunjung kerumahnya, tetapi dua hari terakhir tidak kelihatan. Kecurigaan makin menguat saat Lihan mendatangi rumah Almarhum yang masih terkunci.

 

“Posisi motor dan sendal masih tetap berada ditempat yang sama. Setelah saya dobrak pintunya, terdapat hp dan masakan yang sudah basi, kemudian saya bergegas mengabari tetangga lainnya,” jelas Lihan.

 

Setelah Warga berjibaku, mencari keberadaan korban di titik longsor susulan yang lebih besar, akhirnya kedua Jasad Almarhum ditemukan pada minggu pagi, (26/5), pukul 8.00 WIB dengan Posisi kedua jasad menumpuk jadi satu.

 

Setelah warga menempuh 1 jam perjalanan, barulah Jasad Almarhum sampai di lokasi titik penjemputan. Dan dilanjutkan menggunakan Ambulance menuju Puskesmas Airnaningan untuk dilakukan pemeriksaan, kemudian dibawa kerumah duka di Dusun Airkubang Timur, RT-/RW002, Pekon Airkubang. Kemudian dilakukan prosesi pemakaman.

 

Pada kesempatan itu, Kapolsek Pulaupanggung AKP Rahadi menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang berkebun di wilayah kawasan register agar selalu waspada dan berhati-hati saat musim penghujan.

 

“Mari bersama-sama menjaga tanaman sebagai penahan longsor dan banjir khususnya di areal kawasan register dan sekitarnya,” kata AKP Rahadi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, SH. SIK. M.Si.

 

Tampak hadir saat penjemputan Jenazah dan Takziah, Kadis PMD Tanggamus Arpin, Sekretaris Dinas Kesehatan Tanggamus Bambang, Camat Airnaningan Royensah, Kapolsek Pulau Panggung Polres Tanggamus AKP Rahadi, Danramil Pulau Panggung Kodim 0424/Tanggamus Lettu Inf Yulis Sitorus, Sekcam Abas, 3 Nakes Puskesmas Airnaningan (Bidan Eva, Bidan Dwi, Dede Sukarna), Kepala Pekon (Kakon) Airkubang Suyatno, Kakon Airnaningan Tri Sugianto, Pj Kakon Sinarjawa Iwan Setiawan, Kakon Datarlebuay Suhartono serta Warga dari berbagai daerah. ( Red )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *