System Keamanan Informasi Ditingkatkan. Diskominfo Gandeng CISRT Se-Kab.Bogor

Jabar17 Views

 

BUSERSIAGA.CON 

JAWA BARAT – Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto menuturkan, di era teknologi saat ini semua kegiatan layanan publik akan diarahkan kepada pemanfaatan layanan secara digital. Sehingga instansi pemerintah mempunyai kewajiban untuk melindungi data-data layanan publik yang disimpan secara terpusat baik itu di pusat data Diskominfo maupun yang tersimpan di server pada masing masing perangkat daerah.

Menurutnya, pengamanan informasi sangat perlu dilakukan mengingat semakin maraknya upaya untuk pencurian data yang tersimpan di dalam server. Untuk dapat mengantisipasi serangan cyber telah dibentuk tim tanggap insident keamanan komputer atau Computer Security Incident Respomse Team Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Melalui kegiatan ini kita berupaya untuk mengidentifikasi kerentanan dan kematangan aplikasi yang digunakan pada masing-masing perangkat daerah. Juga sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas sdm pengelola CISRT dalam upaya peningkatan keamanan informasi di Kabupaten Bogor,” Tegas Bayu Ramawanto.

Kepala Seksi Persandian Diskominfo Kabupaten Bogor, Minda Ratnawulan mengatakan, Pemerintah Daerah khususnya Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Bogor dalam menjalankan tugasnya terkait keamanan informasi memang tidak ringan, untuk itu perlu ditunjang dengan kemampuan SDM yang memenuhi kualitas dan kapabilitas,dan serta sinergi degan seluruh perangkat daerah baik Dinas dan Kecamatan, salah satunya melalui kegiatan ini,”Tutupnya.  @Ono/Hms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *