PON XXI 2024 Aceh- Sumut Masyarakat Berkesempatan Tunjukkan Kearifan Lokal

Olahraga10 Views

Banda Aceh |Dalam Perhelatan Akbar PON XXI Aceh -Sumut Agustus-September 2024 Provinsi Aceh yang dikenal sebagai Serambi Mekkah harus menunjukkan sikap yang bermartabat selama Pesta Olahraga terbesar itu berlangsung. Diperkirakan efek domino dari PON XXI adalah adanya arus mobilisasi dan atmosfer Pariwisata sekaligus Ekonomi yang meningkat. Selain mempertaruhkan 33 cabang olahraga (cabor), Even yang di gelar di 10 Kabupaten dan Kota ini mendatangkan Ribuan Atlet, Pelatih dan Tim Official Sponsor Ship. Boleh jadi magnet perhatian Nasional saat itu tertuju ke Tuan Rumah yakni Aceh dan Sumut.

Sebagai Provinsi yang terdiri dari berbagai Suku dan budaya Aceh harus bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin menjadi tuan rumah yang baik. Sebab sejarah nanti akan menulis rangkaian peristiwa yang terjadi selama even olah raga terbesar di Indonesia ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh Muhammad Nasir Syamaun, SI.P, MPA mengatakan pihaknya besama stakeholders terkait terus memacu pembangunan fasilitas penunjang PON XXI tersebut mulai dari Venue, media promosi dan terus membangun komunikasi dengan Sumut agar sukses menjadi Tuan Rumah sekaligus mencapai target 10 besar dalam prestasi.

Berikut daerah yang harus mematangkan diri menyambut para tamu Olahraga dengan paripurna. Pemerintah Kota Banda Aceh : Mulai dari Olahraga Rugby yang digelar di Stadion Mini Universitas Syiah Kuala (USK) dan Lapangan Lambung. Juga terdapat cabor Selam baik di kolam maupun di Laut dan ini digelar dikolam renang Tirtaraya, Kuta Alam. Selain itu Cabor Judo akan digelar di gelanggang mahasiswa USK.

Selain itu juga ada cabor Soft Tenis yang Insya Allah bakal digelar di Lapangan Tenis Polda dan lapangan tenis Neusu Jasdam, Banda Aceh. Dan juga terdapat cabor Pentaque yang akan dihelat di Lapangan Sport Center USK. Dan Cabor Tennis yang Insya Allah akan digelar di Stadion harapan Bangsa (SHB) dan Lap. Lambung, Kec. Meuraxa.

Selain itu cabor Angkat Berat akan dimainkan di komplek Persatuan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) SHB, Kec. Banda Raya. Selain itu terdapat cabor Tarung derajat dan Muaythai  yang akan bermain di Balee Meuseuraya Aceh (BMA). Juga ada Wood Ball dan Baseball yang akan di perlombakan di Lapangan Tugu USK.

Tidak hanya itu juga terdapat cabor Bola Basket dan Anggar  yang akan digelar di Gedung Serbaguna SHB. Selain itu cabor yang sangat dinantikan kawula muda yakni Sepak Bola akan di helat di Stadion H. Dimurthala, SHB, Lhoong raya. Selain itu cabor layar akan dimainkan di pantai Gampong Jawa, Banda Aceh. Sementara itu cabor Bridge akan dihelat di Hermes palace Hotel, Banda Aceh. Dan juga ada Hapkido yang akan digelar di GOR KONI Aceh.

Dilain hal cabor Panahan dan Panjat Tebing yang insya Allah akan digelar di Lapangan panahan dan Panjat Tebing SHB.

Bahkan Aceh Besar pun siap laksana Cabor Selancar Ombak yang akan dimainkan di Pantai Babah Kuala Lhoknga. Dan cabor dayung akan diperlombakan di areal Waduk keuliling, Indrapuri dan Pulau kapuk. Demikian pula cabor Kurash akan digelar di Jantho Sport Center. Dan cabor Menembak akan digelar di Lap. Tembak Rindam IM Mata Ie.

Pemkot Sabang : Dan ada juga cabor KORF Ball yang akan dilaksanakan di GOR Merah Putih Dan Cabor Selam Laut Insya Allah akan digelar di dermaga Pelabuhan CT-1 Badan Pengembangan Kawasan Sabang (BPKS

Pemkab Pidie dan Pidie Jaya : Selain itu juga terdapat cabor Sepatu Roda yang akan diselenggarakan di lapangan Sepatu Roda Pantai Pelangi, Pidie. Dan Sebagian pertandingan sepak bola akan digelar di  Stadion Blang paseh, Sigli. Sedangkan cabor Shorinji Kempo akan dimainkan di komplek Sport Center, Pidie.

Aceh Timur : Cabor Sepak Takraw Insya Allah akan di mainkan di IDI Sport Center, Aceh Timur.

Pemkab Aceh Tengah : Sementara itu cabor Triathlon yang memadukan ketangkasan fisik yakni berlari, berenang dan mengayuh sepeda akan di gelar di Danau Laut Tawar, Takengon. Dan yang sangat menarik cabor Berkuda dimainkan di Blang Bangka, Aceh Tengah.

Pemkab Aceh Barat : Dan cabor Bola Tangan akan dimainkan di Gelanggang Olahraga Aceh Barat.

Pemkab Aceh Tenggara : Dan cabor yang sangat memacu adrenalin berguncang yakni Arung Jeram akan digelar di Sungai Alas/Sungai Mamas, Aceh Tenggara.

Campuran daerah : Sedangkan Aerosport atau paralayang akan dimainkan di empat Kabupaten dan Kota yakni Sabang, Aceh Besar, Aceh Utara dan Bener Meriah.

Melihat lokasi akan digelarnya PON XXI tentu Aceh harus memiliki tekad besar menyisakan kesan yang baik sebagai Tuan Rumah Even Tingkat Nasional. Selain memperhatikan keamanan peserta maupun sponsor, kenyamanan para tamu juga harus diperhatikan dengan seksama. Situasi dan kondisi Aceh dalam masa pergelaran PON XXI antara bulan Agustus hingga Akhir September harus disiapkan dengan memperhatikan seluruh keberlangsungan lomba agar berjalan dengan sukses.

Artinya PON XXI bukan pekerjaan Dinas Pemuda dan Olahraga dan KONI saja, tetapi semua pihak turut menyukseskan perhelatan terbesar di Indonesia yang digelar di Serambi Mekkah ini.(Sumber Aceh Terkini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *