Polres Tanggamus Gelar Apel Personel dan Alat Kesiapsiagaan Potensi Bencana

Blog24 Views

 

 

BUSERSIAGA,COM Tanggamus – Menyikapi potensi bencana yang mungkin terjadi, Polres Tanggamus telah menggelar kesiapsiagaan yang melibatkan pasukan dan peralatan khusus. Apel ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan dalam menghadapi berbagai situasi darurat yang dapat terjadi di wilayah tersebut, Kamis 7 Maret 2024.

 

Dalam apel di lapangan Mapolres dipimpin Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, S.H., S.I.K., M.Si dengan melibatkan personel secara aktif, mereka diberikan penekanan dalam antisipasi untuk merespons dengan cepat dan efisien dalam menghadapi bencana.

 

Selain itu, peralatan khusus seperti perahu karet, peralatan penyelamatan, pemotong kayu, tenda dan alat komunikasi juga disiapkan dan diuji kelayakannya oleh Kapolres dihadapan para peserta apel serta pejabat utama.

Kapolres, AKBP Rinaldo Aser menyatakan pentingnya apel ini dalam menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat dalam berbagai jenis bencana seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, dan lain sebagainya.

 

“Melalui apel ini, kita bersama-sama meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas dalam menghadapi berbagai potensi bencana yang mungkin terjadi di wilayah Tanggamus,” kata AKBP Rinaldo Aser dalam sambutannya.

Meski bencana tersebut tidak diharapkan siapapun, namun apel merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa Polres Tanggamus siap dalam merespons dan memberikan bantuan yang cepat dan efektif kepada masyarakat dalam situasi darurat.

 

“Kita sama-sama berdoa jangan sampai terjadi bencana, tetapi jika memang terjadi personel yang telah disiagakan maupun peralatan itu harus siap,” tegasnya.

 

Kesempatan itu, Kapolres juga berharap personel siaga bencana dapat berkoordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk relawan, organisasi kemanusiaan, dan instansi terkait lainnya.

 

Selain itu juga dapat bersama-sama melakukan pencegahan dan mitigasi risiko bencana, sehingga masyarakat dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi situasi darurat.

 

“Dengan kerjasama dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak, diharapkan dapat mengurangi dampak bencana serta melindungi keselamatan dan keamanan masyarakat secara lebih efektif,” tandasnya. ( Budi Haryanto)

 

 

Kota Agung, 7 Maret  2024

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *