BNN Aceh Tamiang Laksanakan Kegiatan Work Shop P4GN

NASIONAL16 Views

Aceh Tamiang , Sebagai upaya pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN ) BNN Aceh Tamiang mengadakan Work shop dan Sosialiasi P4GN ,kegiatan ini diikuti berbagai dari lapisan masyarakat ,diantaranya ,para pengusaha ,media, dan warga kampung ( Desa ) diwilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Acara Workshop dibuka oleh ketua BNN Aceh Tamiang Drs Agus Salim Rabu 06/09/2023 di Hotel Sederhana kampung Dalam Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang.

Drs Agus Salim menyampaikan peserta Workshop harus diikuti dengan serius sebab Narkoba adalah musuh yang paling berbahaya untuk bangsa Indonesia sehingga perlu kita lawan secara bersama-sama karena saat ini Indonesia termasuk darurat Narkoba”, jelas Agus Salim “. Workshop P4GN ini menghadirkan narasumber dari Asisten Administrasi pemerintah daerah Aceh Tamiang Drs Tri Kurnia,Triyadi SH.MH dosen fakultas Hukum universitas sains Cut nyakdhin ,dr.Harxdaky yusnandar Kabid pencegahan dari pengendalian penyakit dinas kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Rahmah Nur Rizki S.psi,M.psi fonder sekolah inpirasi.

Drs Tri Kurnia memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba yang tidak hanya merugikan masalah fisik saja tetapi akan mengalami gangguan mental dan kejiwaan. Kenapa Kejahatan Narkoba sebagai kejahatan luar biasa? Narkotika dan obat-obatan ( Narkoba), istilah narkoba ini sangat berkaitan dengan senyawa yang memberi efek kecanduan bagi para penggunanya. Bahaya narkoba tidak hanya berpengaruh pada fisik saja tetapi bisa mengganggu mental atau jiwa pecandu narkoba tersebut. Daya rusak narkoba lebih serius dibandingkan korupsi terorisme barang tersebut merupakan mesin pembunuh massal (Silent killer) yang merusak sector kejahatan (cacat otak permanen), pelakunya melibatkan jaringan luas, lintas Negara, memiliki dukungan finansial yang sangat besar, penaganannya membutuhkan penaganan dan undang-undang khusus yang spesifik dan memberikan efek jera Lebih lanjut Nara sumber menjelaskan, sebenarnya narkoba ini merupakan senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan dokter atau rumah sakit untuk membius pasien yang mau dioperasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu, tetapi persepsi tersebut disalah artikan akibat penggunaan di luar fungsinya dan dengan dosis yang di luar ketentuan. Apabila disalah gunakan, bahaya narkoba dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan, karena mempengaruhi susunan syaraf. Dari ketergantungan inilah bahaya narkoba akan mempengaruhi fisik, psikologis, maupun lingkungan sosial Diharapkan masyarakat juga turut berperan aktif dalam mewujudkan P4GN. Sebagai orang tua kita harus memperhatikan prilaku putra putri kita sehari hari sehingga nantinya tidak terjerumus ke dalam penggunaan Narkoba., mereka adalah anak bangsa yang siap akan meneruskan mempertahankan Negara Kesatuan Republik ini .
Peran aktif pendekatan dari sisi keagamaan akan sangat bermanfaat sebab Agama sebagai pilar pembentukan kepribadian diri dan sekaligus sebagai sarana pembimbing rohani terasa dapat menjadi unsur penting dalam mendukung program P4GN .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *