Beberapa Kecamatan Di Aceh Tamiang Terancam Banjir

Blog52 Views

 

Aceh Tamiang – Hujan deras yang mengguyur dalam kurun waktu akhir pekan tahun 2023 mengakibatkan beberapa daerah di kecamatan Kabupaten Aceh Tamiang mulai terendam banjir.

Banjir diakibatkan meluapnya dari air sungai Tamiang kepermukaan sehingga masuk melalui saluran drainase pembuangan hingga merendam kepemukiman penduduk.

Pantauan buser siaga dilapangan Senin 25/12/2023 di Kecamatan Kota Kualsimpang terlihat air mulai merendam kepemukiman warga seperti lapangan bola kaki kampung ( Desa  ) kota Kualasimpang dan kampung (Desa) Kota lintang dusun Al’ikhsan air sudah mulai masuk merendam rumah warga.

Kepala pelaksana  BPBD Kabupaten Aceh Tamiang melalui Kabid Kedaruratan dan    logistik Bambang saat di konfirmasi via Hanpone selular mengatakan,ada beberapa Kecamatan  yang tampak  mulai tergenang air.

“Dari data yang masuk sampai saat ini ada beberapa Kecamatan yang mulai tergenang air, diantaranya Tamiang Hulu, Bandar Pusaka, dan Kejuaraan Muda, serta kecamatan kota Kualsimpang” ujar Bambang, Senin 25 Desember 2023.

Bambang menjelaskan, Banjir terjadi akibat hujan dengan debit air yang sangat tinggi, membuat air sungai meluap dan mulai memasuki pemukiman warga.

Sedangkan, banjir yang terjadi di Kecamatan Kejuruan Muda berasal dari Kecamatan Tamiang Hulu.

“Tamiang Hulu mulai surut, airnya turun ke Kecamatan Kejuruan Muda,” kata Bambang.

“Insyaallah jika kondisinya seperti ini potensi Banjir seperti tahun sebelumnya tidak akan terjadi,” ucap Bambang.

Namun begitu, Bambang meminta kepada masyarakat tetap waspada mengingat potensi hujan masih saja bisa

terjadi.“Kepada Masyarakat kita minta tetap waspada karena hujan deras masih bisa terus terjadi,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *