Tujuh Sekolah Yang dinyatakan Oleh Dinas Pendidikan Tanggamus Sebagi Sekolah Favorit

Blog29 Views

 

 

BUSERSIAGA, COM TANGGAMUS        Hasil seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2024 jenjang SD dan SMP di Kabupaten Tanggamus jalur zonasi dan afirmasi telah diumumkan pada Senin (1/7).

 

Bagi orang tua dan peserta yang ingin mengetahui hasil penerimaan PPDB, dapat melihat secara online melalui website sekolah tempat mendaftar atau mendatanginya secara langsung.

 

Dari sekian banyak sekolah SD dan SMP yang ada di Kabupaten Tanggamus, terdapat 7 sekolah yang dinyatakan oleh Dinas Pendidikan Tanggamus sebagai sekolah favorit.

 

Hal itu dikarenakan ketujuh sekolah tersebut kerap menjadi incaran orang tua dan calon siswa pada saat PPDB. Bahkan,untuk mengantisipasi membludaknya peserta yang mendaftar, Disdik Tanggamus memberlakukan aturan ketat secara khusus terhadap ketujuh sekolah itu.

 

“Ya, untuk membatasi calon siswa yang akan mendaftar, secara khusus Disdik memberlakukan aturan ketat untuk tujuh sekolah itu. Dimana selama proses PPDB, harus sesuai dengan Juknis dan tidak boleh adanya modus percaloan dan pungli selama PPDB sesuai surat edaran BPK mengenai gratifikasi,”ujar Madrizal, Kasi Kurikulum SMP, Mewakili Kadis Pendidikan Tanggamus Yadi Mulyadi, Senin (1/7).

 

Adapun ketujuh sekolah favorit yang dimaksud yakni, SDN 4 Kuripan Kecamatan Kotaagung, SMPN 1 Kotaagung, SMPN 1 Gisting, SMPN 1 Semaka, SMPN 1 Pulau Panggung dan SMPN 1 Talang Padang.

 

Dijelaskan Madrizal, ketujuh sekolah tersebut merupakan sekolah unggulan yang terbaik dengan segudang prestasi serta memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang cukup lengkap guna mendukung kenyamanan aktivitas belajar siwa didik.Sehingga tidak heran banyak orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya disekolah tersebut.

 

“Berdasarkan pemetaan, memang tiap tahunnya ketujuh sekolah itu selalu melebihi kapasitas daya tampung,karena tingginya animo orang tua dan calon siswa yang ingin mendaftar,” ungkapnya.

 

Selain soal prestasi dan kelengkapan fasilitas pendidikan, minimnya keberadaan SMP Negeri di suatu daerah pun menjadi penyebab membludaknya peserta yang bertumpu pada satu sekolah.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Kotaagung, Gisting dan Pulau Panggung yang hanya memiliki satu sekolah SMP Negeri.

 

“Memang sulit untuk mencari solusi mengatasi membludaknya jumlah peserta PPDB di SMP Negeri 1 Kotaagung,karena di Kecamatan Kotaagung kan cuma ada satu sekolah jenjang SMP sama seperti di Kecamatan Gisting dan Pulau Panggung. Berbeda dengan Kecamatan Talang Padang dan Semaka yang memiliki dua SMP Negeri, sehingga kalau terjadi over kapasitas bisa dipindahkan ke SMP Negeri lainnya,” terang Madrizal.

Dirinya pun berharap agar ditiga Kecamatan tersebut dapat dibangun satu SMP Negeri lagi.

Agar kedepan,tidak lagi terjadi over kapasitas pada saat PPDB.

 

“Mestinya memang di Kecamatan Kotaagung, Gisting dan Pulau Panggung itu SMP Negerinya ditambah. Karena alasan orang tua calon siswa itu kalau menyekolahkan anaknya di sekolah swasta kan bayar,kalau di sekolah Negeri kan gratis,” pungkas Madrizal                 (Budi Haryanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *