Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Kemenag Aceh Besar Canangkan Zona Integritas

Aceh Besar75 Views

Aceh Besar.- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Besar melaksanakan penandatanganan pakta integritas dan komitmen bersama pembangunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), di halaman depan Kantor Kemenag di Kota Jantho, Selasa (30/4/2024).

Kegiatan pencanangan ZI diawali dengan jargon “Kemenag Aceh Besar siap wujudkan zona integritas” dilanjutkan dengan tanda tangan komitmen bersama oleh Kepala Kankemenag Aceh Besar H Saifuddin, Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana, para kepala seksi, kepala madrasah, kepala kantor urusan agama (KUA) dan seluruh ASN.

Menurut Kakankemenag Aceh Besar, H Saifuddin, kegiatan ini merupakan komitmen ASN untuk mewujudkan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.

Pembangunan ZI dimulai dengan deklarasi dan pernyataan dari pimpinan suatu instansi dan jajarannya bahwa instansinya telah siap membangun ZI. “Maka hari ini jajaran Kemenag Aceh Besar telah menyatakan kesiapan dan komitmennya, untuk itu diminta kepada seluruh ASN dan unit kerja untuk bersinergi dan mendukung terwujudnya program ini,” kata Saifuddin.

Katanya, dalam pembangunan ZI ada enam pokja dan area perubahan yang harus disiapkan yaitu tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, peningkatan kualitas pelayanan publik dan manajemen perubahan.

Seluruh pokja harus jalan beriringan, tidak ego sektoral dan tidak boleh ada yang tertinggal. “WBK dan WBBM bukan untuk perlombaan tetapi sebagai bentuk komitmen bersama,” katanya.

Sedangkan Kasubbag Tata Usaha Kemenag Aceh Besar H Khalid Wardana menjelaskan, pada 2024 ada enam unit kerja di jajarannya yang terpilih menjadi pilot project pembangunan ZI yaitu Kantor Kemenag, MAN 1 (Samahani), MAN 3 (Indrapuri), MAN 4 (Tungkob), MTsN 3 (Lhoknga) dan MTsN 8 (Cot Gue).

Tim ZI dari enam unit kerja ini telah mengikuti sosialisasi dan pemantapan program pada tanggal 19-21 April 2024 lalu di Takengon, Aceh Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *