Tanamkan Sadar Hukum Sejak Dini, Polsek Ingin Jaya Kembali Gelar Police Goes To Pesantren

Berita23 Views

 

Aceh Besar.Antisipasi kenakalan remaja dan mencegah secara dini tindak kriminalitas dikalangan santri, Polresta Banda aceh melalui Polsek Ingin Jaya kembali menggelar program “Police Goes to School – Pesantren”, Sabtu (8/6/2024).

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Ingin Jaya diwakili oleh Kanit Binmas Aiptu Bustami dan Bhabinkamtibmas Bripka Safii dengan menggelar kegiatan di Pesantren Alfalah Abu Lam U Desa Lam U, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli melalui Kapolsek Ingin Jaya, Ipda M Izazaya menjelaskan tujuan digelarnya Police Goes To School atau Pesantren adalah guna mencegah kenakalan remaja sekaligus meningkatkan kesadaran pelajar untuk ikut mewujudkan kondusifitas kamtibmas di wilayah Ingin Jaya khususnya.

“Program ‘Police Goes To School – Pesantren” menjadi salah satu inovasi yang gencar kami lakukan dan kegiatan ini merupakan program Kapolresta Banda Aceh guna untuk meningkatkan kesadaran para pelajar terhadap kamtibmas, serta mencegah pelajar atau santri terjerumus kepada berbagai aksi kenakalan remaja yang berujung kepada tindakan kriminal, apalagi di Aceh kian marak aksi tawuran antar pelajar sampai ada yang hingga luka – luka,” kata Kapolsek.

Izazaya menyampaikan amanat untuk mengedukasi kepada para siswa-siswi atau santri mulai dari cara mencegah aksi kenakalan remaja, bullying dan penyalahgunaan narkoba hingga mengajak pelajar dan santri untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kamtibmas minimal di lingkungan sekolah atau pesantren maupun tempat tinggalnya.

Kapolsek juga mengatakan peran pelajar dan santri dalam menjaga kamtibmas sangatlah penting, seperti ikut mencegah terjadinya aksi kenakalan remaja (tawuran, geng motor dan lain-lain) dengan saling mengingatkan antar teman. Kemudian mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba, karena selain bisa berurusan dengan hukum juga nyawa menjadi taruhan.

“Kegiatan Police Goes to School – Pesantren (Polisi Turun Ke Sekolah-Sekolah dan Pesantren) selain mendekatkan diri dengan masyarakat, kegiatan ini juga sebagai bentuk sosialisasi Aparat Kepolisian untuk menjadikan generasi muda yang sadar hukum dan lebih baik guna menuju Indonesia emas dimasa yang akan datang”, ungkapnya.

“Kami pun menyarankan dan mengimbau kepada seluruh adik-adik santri untuk tidak ragu segera melapor kepada Polisi, Bhabinkamtibmas atau juga bisa ke Call Center Polri 110 dan WA Saleum Rakan di nomor 082316851998 apabila melihat tindak kriminal atau gangguan Kamtibmas lainnya”, tutup Kapolsek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *