Polsek Talang Padang Bantu Evakuasi Rumah Warga Yang Terkena Banjir

Blog55 Views

 

BUSERSIAGA, COM Tanggamus – Curah hujan yang tinggi menyebabkan meluapnya aliran sungai dan drainase, memicu banjir di beberapa pekon di wilayah hukum Polsek Talangpadang.

 

Kondisi tersebut terjadi pada hari Jumat, 24 Mei 2024, sekitar pukul 21.00 WIB ini berdampak signifikan, merusak bangunan, rumah, dan merendam kediaman warga yang berada di sekitar aliran sungai dan drainase.

 

Kapolsek Talang Padang AKP Bambang Sugiono mengatakan, banjir melanda beberapa pekon di Kecamatan Talangpadang, menyebabkan kerugian material yang cukup besar.

 

Adapun rincian pekon dan kerugian yang tercatat hingga saat ini diantaranya Pekon Talang Padang di Dusun Suka Mandi 2, terdapat 12 rumah hanyut dan di Dusun Suka Mandi 3 terdapat 8 rumah rusak.

 

Kemudian, di Pekon Sinar Harapan 1 rumah hanyut di Dusun 1 dan 2 terendam banjir. Pekon Sukarame di Dusun Peneongan terdapat 7 rumah hanyut, 3 rumah terendam.

 

Lalu, Pekon Sinar Banten di Dusun Tengsek 2 rumah hanyut, 26 rumah terendam. Di Dusun Jaga Baya15 rumah terendam dan Dusun Harapan Jaya 5 rumah terendam.

Kemudian, Pekon Suka Negeri Jaya du Dusun 2 terdapat 3 rumah terendam. Pekon Sinar Petir terdapat 2 rumah rusak di bagian dapur terbawa arus air,  36 ekor kambing di dusun 1 hilang dan 2 kolam ikan terendam.

 

Selanjutnya di Pekon Negeri Agung terdapat 2 rumah rusak di bagian dapur terbawa arus air dan Pekon Sukamerindu terdapat 3 rumah rusak berat dengan kerugian diperkirakan sekitar Rp250 juta.

 

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi menyebabkan kerugian yang besar bagi warga,” kata AKP Bambang Sugiono mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, SH., SIK., MSi., Sabtu 25 Mei 2024.

 

Kapolsek menyebut, pihaknya bersama jajarannya segera turun ke lokasi untuk membantu evakuasi dan memberikan bantuan darurat kepada warga yang terdampak.

 

Selain itu, mereka juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan dinas terkait untuk mempercepat penanganan pasca-bencana dan memastikan kebutuhan dasar warga terpenuhi.

 

“Saat ini, air banjir sudah mulai surut di beberapa daerah, namun pembersihan dan perbaikan infrastruktur masih terus dilakukan,” ujarnya.

 

Banjir yang melanda wilayah hukum Polsek Talangpadang menunjukkan betapa pentingnya kesiapsiagaan dan respons cepat dalam menghadapi bencana alam.

 

“Kerja sama antara pihak kepolisian, pemerintah daerah, dan masyarakat sangat krusial untuk mengurangi dampak bencana dan mempercepat proses pemulihan,” tandasnya. ( RLS )

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *