PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Menghadiri Sekaligus Membuka Langsung Bazar Hewan Qurban

Blog75 Views

 

BUSERSIAGA, COM Tanggamus.                    PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Menghadiri Sekaligus Membuka Langsung Bazar Hewan Qurban Kabupaten Tanggamus Tahun 2024/1445 Hijriah. Lapangan Pekon Campang Kecamatan Gisting. Senin 03/06/2024.

Hadir juga dalam kegiatan, Para Forkopimda, Staf Ahli, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Camat, Pimpinan BUMN, BUMD dan Perusahaan, Kepala Pekon seKecamatan Gisting, Ketua ASPONAK, Ketua Laskar Ngarit Rojo Koyo, Para Tokoh Masyarakat Serta Para Pelaku Usaha Peternakan dan UMKM Sekabupaten Tanggamus.

Tema Kegiatan nya yaitu ” Melalui Bazar Hewan Qurban Dapat Meningkatkan Perekonomian Dari Sub Sektor Peternakan “.

PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam sambutannya, Salah satu upaya pemerintah kabupaten tanggamus untuk meningkatkan motivasi para pelaku usaha peternakan dalam menggerakkan perekonomian di Kabupaten Tanggamus yaitu melalui kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini yaitu Bazaar Hewan Qurban.

 

Saya menilai penyelenggaraan Bazaar Hewan Qurban Tahun 2024 ini mempunyai momentum yang sangat tepat dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha 1.445 H. Tentunya permintaan akan hewan kurban akan meningkat, Semua ini adalah sebagai upaya promosi kita dalam meningkatkan nilai jual ternak, sehingga dapat meningkatkan pendapatan peternak itu sendiri. Moment ini memang ditunggu oleh para peternak sapi, kambing maupun kerbau untuk menjual ternaknya dengan harga terbaik.

Berkaitan dengan Bazaar Hewan Kurban ini sepenuhnya saya menyambut gembira atas terselenggaranya acara ini dan berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut pada tahun tahun yang akan datang dan semoga kegiatan ini dapat memotivasi peternak dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pengelolaan ternak dalam mengembangkan potensi lokal secara mandiri.

Melalui bazar ini diharapkan dapat menjadi media yang dapat mempertemukan antara penjual dan pembeli secara langsung baik yang berasal dari Kabupaten Tanggamus maupun luar Kabupaten.

Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu penghasil ternak kambing terbesar di Provinsi Lampung, Stok hewan qurban menjalang hari raya Idul Adha di Kabupaten Tanggamus adalah, Kambing sebanyak 21.236 ekor, Domba sebanyak 881 ekor, Sapi sebanyak 702 ekor dan Kerbau sebanyak 226 ekor.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus juga memberikan bantuan ternak sapi untuk hewan kurban serta bantuan obat dan vaksin, Semoga tahun depan di kabupaten tanggamus akan ada nya pasar ternak.

Ketua Asosiasi kelompok peternak Tanggamus (ASPONAK) Rintoko dalam Laporan Nya, Bazar hewan qurban hari ini yaitu dari 14 peserta/pedang yang terdiri dari 144 ekor kambing dan 2 ekor sapi, alhamdulillah sudah terjual 63 ekor kambing, semoga semua hewan qurban yang ada di bazar hari ini dapat secepat nya terjual semua.

Harapan kami dan seluruh masyarat kabupaten tanggamus semoga kedepan nya di kabupaten tanggamus ini ada nya pasar ternak, agar dapat memudahkan para peternak dalam menjual hasil ternak nya.

Selain dari peternakan, kami dari ASPONAK juga mempunyai produk unggulan lain nya yaitu pupuk organik yang di kelola oleh koperasi saburai mandiri dan telah di uji langsung di laboratorium yang hasil dan mampaat pupuk nya cukup baik untuk tanaman dan tumbuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *