PJ, Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Penanaman Vegetasi Pantai Melalui Kementerian Kelautan Perikanan

Blog31 Views

 

 

BUSERSIAGA, COM WONOSOBO — PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Penanaman Vegetasi Pantai Melalui Kementerian Kelautan Perikanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan Ruang Laut  Pendayagunaan Pesisir Pulau Pulau Kecil Di Kabupaten Tanggamus Tahun 2024. Di Pekon Karang Anyar Kecamatan Wonosobo. Jum’at 7/6/2024.

 

Turut hadir dalam kegiatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut  Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil yang di wakili Ibu Sarifah, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hendra Widjaya Mega, Kepala BPBD Tanggamus, Sekretaris Perikanan, Plt Kepala Bapperida, Danpil Angkatan Laut Kotaagung, Camat Wonosobo, Uspika Kecamatan Wonosobo, Para Kepala Pekon Se-kecamatan Wonosobo dan masyarat Setempat.

PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam wawancara nya menyampaikan, Kiita semua telah melakukan kegiatan sosialisasi penanaman vegetasi pantai yaitu penanaman pohon cemara, ini salah satu kegiatan yang dibantu oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan juga Pemerintah pusat melalui Kementerian Perikanan sudah membantu  3.125 batang pohon cemara untuk 2 bulan kedepan.

 

Kegiatan ini adalah dalam rangka melindungi wilayah pesisir pantai yang ada di kecamatan wonosobo dari adanya abrasi, fungsi dari pada penanaman pohon cemara  ini dalam rangka melindungi wilayah pesisir pantai wonosobo dalam rangka mengurangi adanya abrasi yang selama ini sudah terjadi.

Lanjut PJ Bupati, Di samping sebagai fungsi ekosistem juga diharapkan penanaman pohon cemara ini memberikan dorongan juga untuk lingkungan dan wisata, Oleh sebab itu pola pelaksanaannya harus bersama masyarakat, Sehingga nanti masyarakat ada rasa memiliki, kedepannya jadi jangan sampai pohon cemara yang ditanam ini ada penebangan dan enggak dirawat oleh masyarat nanti nya, jadi harus nya kita semua ingat dan tubuh rasa memiliki terhadap pohon cemara tersebut.

 

Selanjutnya dibentuk kelembagaan pekon yaitu pokdarwis gunan nya untuk mengoptimalkan keberadaan wilayah pesisir, dulu di pantai saumil ini merupakan salah satu wisata, insaallah kedepan nya akan di bangun lagi ekowisata sehingga dampak ekonomi di wilah pantai sumil pekon karang anyar kecamatan wonosobo ini dapat lebih meningkat lagi kedepan nya.

 

Tanggamus memiliki wilayah laut yang luas dan sebagian mata pencaharian penduduknya adalah nelayan, mohon kiranya bantuan program dan kegiatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang lokusnya di wilayah Pesisir Kabupaten Tanggamus makin diperbanyak, demi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pesisir yang ada di kabupaten tanggamus ini.

 

Saya mewakili pemerintah dan seluruh masyarakat kabupaten tanggamus mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah menetapkan Kabupaten Tanggamus sebagai salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan ini.

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut  Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil yang di wakili Ibu Sarifah menyampaikan, Hari ini kami datang ke kabupaten tanggamus dalam rangka Kegiatan Sosialisasi Penanaman Vegetasi Pantai yaitu penanaman pohon cemara yang lokasi nya di pantai saumil pekon karang anyar kecamatan wonosobo yang berada di wilayah kabupaten tanggamus, Karna pesisir nya lumayan panjang, Pungsi dari pesisir ini merupakan lahan utama yang tujuan nya untuk mengembalikan rehabilitasi lahan dengan melakukan penanam pohon cemara di sepanjang pantai saumil ini.

 

Penanaman vegetasi pohon cerama di kabupaten tanggamus terutama di pantai saumil ini kami tanam sekitar 5 hektar siktar 3.125 batang pohon cemara, Harapannya dengan ada nya penanaman pohon cemara sepanjang pantai ini, Akan menjadi hutan vegetasi kedepannya akan menjadi wisata bahari yang akan menumbuh kembangkan perekonomian di kabupaten tanggamus dan akan sangat bermampaat bagi masyarakat di kabupaten tanggamus terutama masyarakat yang ada di sekitar pantai saumil ini.

 

Kepala Pekon Karang Anyar Endar Frihantoro menyampaikan, saya mewakili masyarakat karang anyar terutama masyarat yang ada di sepanjang pantai saumil ini mengucapka  terima kasih yang sebesar besar nya kepada kementeria perikanan dan kelautan serta pemerintah kabupaten tanggamus karna telah di perhatikan, karna dengan ada nya program ini masyarakat kami menyambut dengan antusias.

 

Kedepan nya dengan ada nya kegiatan penanaman pohon cemara ini dapat mengembalikan wisata wisata yang ada di pantai saumin ini karna dulu pantai saumil ini merupakan salah satu aikon kabupaten tanggamus tapi karna jalan nya makin lama makin rusak yang akibat nya wisata di pantai saumil ini juga ikut mati, Semoga juga pohon cemara yang di tanam ini dapat menahan agar tidak terjadi nya abrasi yang di akibat kan oleh air laut di pekon kami ini. ( Red )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *