PJ Bupati Aceh Tamiang Pimpin Upacara HKN

NASIONAL61 Views

Aceh T Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH memimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 tahun 2023, bertempat di Halaman Upacara Kantor Bupati, Rabu (15/11/23).

Pada momen itu, Meurah mengajak seluruh tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, yang juga merupakan dari enam pilar transformasi kesehatan yang harus ditegakkan untuk perubahan yang baik.

“Mari bersama kita koreksi diri dalam melayani kesehatan masyarakat. Berikan sedikit senyum, keramahan, dan kepedulian dalam melayani mereka. Ikat batin mereka dengan tiga hal itu. Senyum, keramahan dan kepedulian kepada pasien merupakan bagian penting dari terapi psikologis untuk kesembuhan mereka”, sebut Meurah.

Sebelumnya, membacakan amanat Menteri Kesehatan RI, Rudi Gunadi Sadikin, Meurah menyampaikan ada 6 pilar transformasi yang harus ditegakkan. Pilar pertama,  transformasi layanan primer dari fokus mengobati menjadi mencegah; pilar kedua, transformasi layanan rujukan dari layanan rujukan yang susah menjadi mudah; pilar ketiga,  transformasi sistem ketahanan kesehatan; pilar keempat, transformasi pembiayaan kesehatan; pilar ke lima, transformasi SDM Kesehatan; dan terakhir transformasi teknologi kesehatan.

Dengan tema Transformasi Kesehatan untuk Indoensia Maju, ke enam pilar ini harus mendorong seluruh insan kesehatan untuk mewujudkan transformasi kesehatan.

“Transformasi kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan”, ucap Meurah membacakan amanat Menkes RI.

“Transformasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju, transformasi kesehatan harus menjangkau  keseluruh penjuru Indonesia tidak terkecuali di daerah terpencil, tertinggal, diperbatasan maupun kepulauan”, sambungnya.

Di acara peringatan HKN ke-59 ini turut diberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan Kabupaten Aceh Tamiang yang berhasil meraih prestasi di tingkat Provinsi Aceh yaitu, Apt. Muthia Deviana Johan, S.Farm (Apoteker Puskesmas Manyak Payed) meraih juara I Kategori Profesi Apoteker, Ns. Imran Nasmi, S.Kep (Perawat Puskesmas Kejuruan Muda) meraih juara 2 kategori Profesi Perawat), Dwi Novita, A.Md, Keb Bidan Puskesmas Kejuruan Muda dan Maulidia Hasanah, A.Md, Gz Nutrisionis Puskesmas Banda Mulia. Selain itu ada juga pemberian cinderamata kepada pensiunan keluarga besar Dinas Kesehatan periode November 2021- November 2022 dan Pemberian Sertifikat Desa ODF (Stop Buang Air Sembarangan) yang diserahkan kepada para kepala puskesmas.

Hadir dalam kegiatan itu, Sekda Drs. Asra, Unsur Forkopimda, para Asisten, para Kepala OPD, para Camat serta seluruh insan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *