Pimpinan Komite lll DPD RI kunjungan Kerja Ke Kabupaten Pringsewu

Blog41 Dilihat

 

BUSERSIAGA,COM PRINGSEWU – Pimpinan Komite III DPD RI KH.Abdul Hakim melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pringsewu. Kunjungan tersebut dalam rangka menyerap aspirasi dari masyarakat Bumi Jejama Secancanan.

 

Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat menerima pimpinan Komite III DPD RI di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Senin (27/11/2023) mengatakan Kabupaten Pringsewu dengan lahan sawah seluas 13.928 hektar, telah secara nyata memberikan sumbangsih dalam ketersediaan stok bahan pokok, khususnya beras.

 

“Produksi padi Kabupaten Pringsewu pada   2022 berdasarkan angka sementara dan tetap BPS adalah sebesar 125.000 ton gabah kering giling atau setara dengan 75.000 ton padi, sehingga dengan konsumsi beras sebesar 40.000 ton pertahun, maka ada surplus sebesar 35.000 ton beras, yang dikirim keluar wilayah Pringsewu,” katanya, pada acara yang dihadiri Ketua DPRD Pringsewu Suherman,  Direktur Bina Teknik Kementerian PUPR Dr.Ir.Muhammad Rizal, M.Sc. dan Direktur Teknik SDA Kementerian PUPR diwakili Dr.Agus Santoso, serta jajaran Pemkab Pringsewu dan sejumlah perwakilan warga.

 

Hal ini, ujar Adi Erlansyah, menunjukkan bahwa Kabupaten Pringsewu turut serta dalam menjaga ketersediaan pangan nasional. Selain beras, terdapat potensi unggulan lain yaitu cabai, bawang, sayur-mayur, buah-buahan, serta sektor peternakan seperti sapi, ayam potong dan telur. Pengembangan sektor tanaman pangan di Kabupaten Pringsewu masih memiliki banyak tantangan dan permasalahan, antara lain keterbatasan sarana pendukung infrastruktur irigasi, keterbatasan debit air irigasi serta SDM petani yang belum merata.

 

“Hal inilah yang menyebabkan ada sebagian masyarakat Pringsewu yang belum merasakan peningkatan kesejahteraan melalui peningkatan produksi tanaman pangan, khususnya produksi padi,” ujarnya.

 

Sementara itu, Pimpinan Komite III DPD RI KH.Abdul Hakim mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan masyarakat. Ia juga meminta seluruh pihak terkait dapat bersinergi saling bahu-membahu untuk membantu menyelesaikan setiap persoalan yang dihadapi warga. ( Budi Haryanto )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *