IKAFT USK Gelar Tanam 1.000 Bibit Mangrove

Banda Aceh41 Views

Penyerahan 1.000 bibit mangroves dari BPDASHL kepada Panitia Mubes VII IKAFT

Banda Aceh Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (IKAFT) akan menggelar penanaman 1.000 bibit Mangrove di Lokasi di Kawasan Hijau TPI Lampulo milik Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja Banda Aceh pada hari Minggu tanggal 10 September 2023. Kegiatan penanaman 1.000 bibit Mangrove tersebut merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan MUBES VII Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (IKAFT-USK) 2023.

Ketua Umum IKAFT USK, Ir. Teuku Marzuki menyampaikan bahwa Kegiatan penanaman 1.000 bibit mangrove merupakan bentuk kepedulian alumni teknik terhadap lingkungan pesisir di kota Banda Aceh. Selain itu, pohon mangrove memiliki fungsi untuk melindungi garis pantai, habitat garis pantai serta menjadi sumber bahan makanan yang mendukung ketahanan pangan” Ujar Ir. Teuku Marzuki.
Saat ini Fakultas Teknik USK telah memiliki 12 Prodi S1, diantaranya Teknik Kimia (TK) dan Perencanaan Wilayah Kota (PWK) serta 6 Prodi S2, diantaranya Magister Pengelolaan Lingkungan (MPL)

Dalam kesempatan lain, ketua panitia MUBES IKAFT, Wahyu Ramadhan, ST. Ars. menambahkan bahwa kegiatan ini bakal didukung penuh oleh beberapa pihak. “Kita dari IKAFT sangat berterima kasih atas dukungan dari pihak BPDASHL yang telah menyediakan 1.000 bibit mangrove, kemudian terima kasih juga kepada pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh yang telah memfasilitasi lahan yang merupakan pusat konservasi Edukasi Mangrove, serta ucapan terima kasih kami kepada ibu Syafwina Sanusi Wahab selaku ketua Ceudah-Asian Friendship Society of Aceh (C-AFS-Aceh) yang turut peduli terhadap kelestarian ekosistem mangrove di Aceh untuk berkolaborasi dalam kegiatan ini” tambah Wahyu Ramadhan.

Selain Anggota IKAFT dan komunitas C-AFS-Aceh, kegiatan ini juga diikuti Anggota BWS Sumatra-1 PUPR dan oleh Dosen-Dosen Fakultas Teknik USK serta elemen masyarakat umum lainnya. (Tf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *