Ormas Berperan Penting Edukasi Masyarakat Tingkatkan Partisipasi Pemilih

NASIONAL55 Views

Aceh Tengah- busersiaga.com
Ajak ormas edukasi masyarakat tingkatkan partisipasi KIP kabupaten Aceh tengah (Kota Takengon) mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) di daerah tersebut untuk membantu meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2024.

“Ormas sebagai organisasi berbasis masyarakat menjadi salah satu sarana dalam mendorong partisipasi dan pendidikan politik bagi masyarakat,” kata Anggota KIP Kabupaten Aceh tengah. Sertalia di Padang, sangatlah perlu di kota Takengon , Selasa 12 September 2023.

Ketua KIP Sertalia mengatakan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 sangat dibutuhkan. Kehadiran dan keterlibatan konstituen secara langsung dan kesadaran sendiri akan menentukan pelaksanaan pemilu berkualitas dan berintegritas.

Oleh karena itu, lanjut Sertalia,Ketua KIP Aceh Tengah terus berupaya meningkatkan sosialisasi terhadap pemilih, termasuk melibatkan ormas, dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat dalam berdemokrasi. Harapannya, setiap konstituen ikut mengawal di setiap tahapan pesta demokrasi lima tahunan.

“Kita semua bertanggung jawab untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilu serentak 2024. Harapannya, pemilu yang berkualitas melahirkan pemimpin berintegritas,” tambahnya.

Masih rendahnya partisipasi masyarakat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya merupakan suatu tantangan dalam penyelenggaraan pemilu. Oleh sebab itu, perlu kerja keras dari semua pihak, termasuk ormas, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan hak pilihnya.

“Ketua KIP mengajak seluruh elemen yang ada di masyarakat termasuk ormas melalui kadernya berperan aktif, mengajak masyarakat untuk ke TPS,” ujarnya.

Selain meningkatkan partisipasi yang pemilih cerdas ,Ketua KIP menilai ormas juga dapat berperan mengedukasi masyarakat untuk mencegah praktik politik uang serta penyebaran berita bohong atau hoaks.*

Penulis : Irawan
Editor. : Riga Irawan Toni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *