Lima Ruas Jalan Tol Sibanceh Beroperasi Saat Nataru

Banda Aceh42 Views

BANDA ACEH – PT Hutama Karya memastikan lima ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) sepanjang 48,5 kilometer, dioperasikan saat natal dan tahun baru (Nataru). Ruas tol tersebut terdiri dari Seksi II (Seulimeum-Jantho) 6.35 km, Seksi III (Jantho – Indrapuri) 16 km, Seksi IV (Indrapuri – Blang Bintang) 13.5 Km, seksi V (Blang Bintang – Kuta Baro) 7.7 km dan Seksi VI (Kuta Baro – Baitussalam) 5 km.

Branch Manager ruas tol Sibanceh, Totok Masyadi mengatakan untuk seksi 1 (Seulimeum – Padang Tidji) sepanjang 25 km masih tahap konstruksi, sehingga pengguna jalan tujuan menuju Sigli diarahkan keluar di Gerbang Tol Seulimeum, begitupun sebaliknya. Baca Juga Natal dan Tahun Baru Ruas Seksi 5 dan 6 Tol Sibanceh Belum Bisa Difungsikan Saat Nataru Ia menjelaskan, seksi 2, 3 dan 4 (Seulimeum – Blang Bintang) masih dikenakan tarif seperti biasa, Namun khusus untuk seksi 5 dan 6 (Blang Bintang – Baitussalam) tarifnya gratis.

Tetapi pengguna jalan tetap harus transaksi menggunakan kartu tol elektronik. Baca Juga Tiga Seksi Pamungkas Tol Sibanceh Akan Beroperasi Tahun 2023, Ini Progresnya Persiapan Hutama Karya, kata Totok, diawali kegiatan gelar apel siaga dengan melibatkan semua petugas tol, Patroli Jalan Raya (PJR) dan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib), juga pengecekan kendaraan layanan serta peralatan tol guna memastikan semua berfungsi baik.

“Mengantisipasi lonjakan pengguna jalan selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kami menyiagakan 222 petugas,” kata Totok, Rabu, 13 Desember 2023. Ratusan petugas itu, sebut Totok, terdiri dari layanan tol, Polisi PJR, paramedis dan kamtib. Pihaknya juga menyiagakan 27 kendaraan layanan tol, 22 buah gardu, dan lima titik isi ulang di lima gerbang.

Totok mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib berlaku di jalan tol. Diantaranya berkendara dengan kecepatan antara 60 – 100 km/jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan minimal 10 – 20 meter, dan pastikan kendaraan tidak Over Dimension dan Over Load (ODOL), serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali keadaan darurat. Guna memperlancar transaksi agar tidak menimbulkan antrean, pihaknya mengingatkan pengendara menggunakan kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan saja, serta memastikan kecukupan saldo sebelum memasuki gerbang tol. Jika lupa mengisi saldo UE, pengguna jalan dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki PT Hutama Karya. Dapat diunduh Google Play maupun App Store. “Dimana terdapat fitur Cek Saldo Uang Elektronik dan juga bisa isi ulang,” tutupnya(sumber Ajnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *