Lanjutkan Sosialisasi ,Bhabinkamtibmas Diterjunkan Penyuluhan Cegah Bullying

NASIONAL37 Views

BUSERSIAGA,COM Tanggamus – Dalam upaya mencegah kasus perudungan (bullying) di wilayah hukumnya, Polres Tanggamus telah mengambil langkah proaktif dengan menerjunjan Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi di berbagai sekolah, Selasa 10 Oktober 2023.

Hal itu dilakukan Kepolisian Resor Tanggamus sebagai komitmen untuk melindungi dan mendukung keamanan anak-anak sekolah dari segala bentuk intimidasi dan pelecehan.

Penyuluhan dilakukan secara serentak oleh Bhabinkamtibmas dengan jadwal-jadwal yang ditentukan agar kegiatan tersebut tidak mengganggu aktifitas belajar mengajar.

Kasi Humas Polres Tanggamus, Iptu M. Yusuf, S.H mengungkapkan, Bhabinkamtibmas dari berbagai pekon di wilayah kecamatan di Kabupaten Tanggamus terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk memberikan penyuluhan mengenai pentingnya mencegah dan melawan tindakan bullying.

“Untuk sosialisasi yang digelar melibatkan berbagai kalangan, termasuk siswa, guru, dan staf sekolah. Sebab mereka yang selalu berada di lingkup sekolah,” kata Iptu M. Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K.

Dilanjutkannya, Bhabinkamtibmas memberikan informasi yang sangat diperlukan tentang dampak negatif dari bullying serta cara melapor jika menjadi korban atau menyaksikan kasus bullying di lingkungan sekolah.

“Kami sangat peduli dengan keselamatan dan kesejahteraan anak-anak,” ujarnya.

Ditambahkannya, walaupun di wilayah hukum Polres Tanggamus belum ada laporan kasus bullying namun upaya pencegahan terus dilakukan sebab masalah tersebut sangat serius dan perlu segera diatasi.

“Dengan melibatkan Bhabinkamtibmas kami di sekolah-sekolah, kami berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman,” tandasnya.

Upaya Polres Tanggamus ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah dan komunitas setempat. Mereka memandang langkah ini sebagai langkah yang positif dalam membantu mencegah kasus bullying yang semakin meresahkan.

Seperti disampaikan oleh Kepala SMPN 1 Kelumbayan Barat, Anwar yang menyebut sosialisasi ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa, guru, serta orang tua tentang pentingnya bekerja sama dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari bullying.

Namun demikian, ia berharap semua pihak diharapkan dapat bersama-sama berperan aktif dalam mencegah dan mengatasi masalah ini, sehingga setiap siswa dapat merasa aman dan nyaman saat bersekolah.

“Dengan upaya ini, Polres Tanggamus berharap dapat menciptakan perubahan positif dalam upaya pencegahan bullying di wilayah Kabupaten Tanggamus, dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi anak-anak di sekolah-sekolah,” tandasnya. ( Budi Haryanto )

Kota Agung, 10 Oktober 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *