Kapolda Aceh Salurkan Buku Dan Kitab Di Dayah Oemar Diyan Kec Indrapuri

Aceh Besar54 Views

Aceh Besar.— Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko menyalurkan bantuan berupa buku dan kitab di Dayah Modern Tgk Chiek Oemar Diyan di Desa Krueng Lamkareung, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Jumat, 6 Oktober 2023.

Pada kesempatan pertama, Achmad Kartiko mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Dayah Oemar Diyan. Dirinya juga mengaku merasa terhormat bertugas di Aceh dengan segala keramahan dan kearifan lokalnya.

Di samping itu, Achmad Kartiko menyampaikan, disrupsi informasi di media sangat mempengaruhi opini di tengah masyarakat, sehingga penyaluran buku yang dilakukan pihaknya bertujuan memperdalam literasi anak-anak ke depan.

Penyaluran buku dan kitab tersebut, sambungnya, juga merupakan bagian dari program “Polri Peduli Budaya Literasi” yang digagas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Program itu dijalankan dengan mendistribusian buku atau kitab hingga ke pelosok nusantara.

Kata Achmad Kartiko, Polri telah menginisiasi serangkaian program yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan mendukung perkembangan industri buku khususnya di Provinsi Aceh.

“Program Polri Peduli Budaya Literasi ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan langkah konkret yang diambil oleh Polri, dalam hal ini Polda Aceh untuk mencerdaskan anak bangsa,” ungkap Achmad Kartiko, dalam keterangannya usai penyerahan bantuan buku tersebut.

Alumni Akabri 1991 itu juga menyebut, Polda Aceh menargetkan pendistribusian buku atau kitab sebanyak 22.000 eksemplar di 160 lokasi berbeda di Provinsi Aceh. Ia berharap, penyaluran buku ini bermanfaat untuk meningkatkan minat baca dan memperkuat literasi generasi anak bangsa.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Modern Tgk Chiek Oemar Diyan, Tgk H Fakhruddin Lahmuddin menyampaikan, bahwa pihaknya sangat berbahagia dan terharu atas kedatangan Kapolda Aceh beserta rombongan ke dayah yang ia pimpin.

Ia mengungkapkan, kedatangan Kapolda Aceh menjadi seharah baru bagi Oemar Diyan, di mana Irjen Achmad Kartiko adalah Kapolda Aceh pertama yang begitu selesai dilantik dan sertijab langsung memilih Oemar Diyan sebagai dayah pertama yang dikunjunginya.

“Ini adalah sejarah untuk Dayah Oemar Diyan, walaupun sudah pernah dikunjungi oleh tokoh nasional dan internasional, tetapi kunjungan Kapolda Aceh kali ini adalah sejarah, di mana begitu selesai dilantik dan sertijab langsung memilih Oemar Diyan sebagai dayah pertama yang dikunjungi. Ini luar biasa,” ujar Tgk H Fakhruddin.

Tgk H Fakhruddin juga berterima kasih atas bantuan buku dan kitab yang diberikan Kapolda Aceh ke dayah yang ia pimpin. Ia berharap, bantuan ini jadi upaya kita semua untuk memperkuat literasi generasi bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *