Danrindam Iskandar Muda Pimpin Acara Gashuku Dan Ujian Kenaikan Sabuk Bela Diri Karate Siswa

Aceh Besar31 Views

*DANRINDAM IM Pimpin Acara Gashuku dan Ujian kenaikan Sabuk beladiri Karate Siswa Prodi Dikmaba dan Dikmata TNI AD TA 2023.

Aceh Besar.Danrindam IM, Kolonel Inf Trijoko Adiwiyono, S.H., M.Si.
selaku Ketua Dojo Karate Rindam IM, laksanakan Acara Gashuku dan Ujian Kenaikan Sabuk beladiri Karate siswa Prodi Dikmaba dan Dikmata TNI AD TA 2023, yang bertempat di lapangan Hijau Rindam Iskandar Muda, Sabtu (23/12/2023)

Kegiatan ujian kenaikan Sabuk diikuti oleh 167 peserta yang terdiri dari 64 Siswa Dikmaba dan 53 Siswa Dikmata dari sabuk Putih ke sabuk Hijau dan 50 orang sipil. Ujian kenaikan Sabuk ini dalam pelaksanaannya dibentuk gelombang per gelombang dimana setiap gelombang berjumlah 20 orang.

Dalam sambutannya Danrindam IM, menjelaskan bahwa beladiri karate adalah beladiri yang sudah lama tumbuh dan berkembang di Indonesia maupun manca negara dan sudah populer di kalangan kumpulan beladiri – beladiri lainnya Latihan beladiri karate ini bertujuan agar para prajurit lulusan Rindam IM selain jago menembak juga memiliki kemampuan bela diri sehingga bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Beladiri karate ini nantinya akan menjadi bekal bagi prajurit agar dapat melindungi diri dari bahaya dan tindak criminal/kejahatan dalam melaksanakan tugasnya” Ucap Danrindam

Lebih lanjut Danrindam menyampaikan bahwa dengan berlatih bela diri akan membentuk mental dan kepribadian Prajurit dan dapat melahirkan atlet-atlet bela diri yang berprestasi, oleh karena itu hari ini kita melaksanakan kegiatan Gashuku dan ujian kenaikan sabuk, dimana dalam kegiatan ini para peserta harus menunjukan keseriusan, semangat, motivasi dan keingintahuan yang tinggi agar dapat melaksanakan gerakan – gerakan yang sempurna yang telah dilatihkan oleh para senpay – senpay.

“Disinilah pembuktiannya, apakah Prajurit siswa mampu untuk menguasai materi – materi yang telah dilatihkan serta yang akan diujikan nanti, sehingga apabila dinyatakan lulus ujian, maka para siswa akan diberikan penghargaan berupa kenaikan sabuk hijau dalam beladiri karate, kemudian latihan tetap akan berlanjut dengan harapan menjelang tutup pendidikan para siswa dapat menyandang sabuk biru, yang akan menjadi bekal latihan beladiri karate lanjutan di pendidikan kecabangan yang akan datang.” Pungkas Danrindam.

Diakhir sambutannya Danrindam mengucapkan selamat mengikuti Gashuku dan tunjukan yang terbaik, saya yakin kalian bisa dan mampu melaksanakannya.

Turut hadir pada acara tersebut para Pejabat Utama Rindam IM, Ketua Umum IKANAS Provinsi Aceh, Sekertaris umum IKANAS, Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) IKANAS, Ketua Harian dan Umum IKANAS Provinsi Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *