Bupati Indramayu Nina Agustina dan Kodim 0616 Indramayu menyerahkan Alat Mesin Pertanian Alsintan

NASIONAL27 Views

 

BUSERSIAGA.COM – KAB. INDRAMAYU – Adanya Fenomena El Nino menyebabkan perubahan cuaca yang mengakibatkan dampak negatif khususnya pada petani di Indramayu, terdampak negatif tersebut diantaranya kekeringan, gangguan musim tanam, penyakit tanaman, penurunan kualitas tanaman, dan ketidakstabilan harga pangan di pasar yang akan berpengaruh pada ketahanan pangan nasional.

Mengantisipasi hal tersebut, Bupati Indramayu Nina Agustina dan Kodim 0616 Indramayu menyerahkan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) berupa pompa air kepada Jajaran Koramil 0616/Indramayu untuk diberikan lagi pada Kelompok Tani yang tersebar di seluruh Kabupaten Indramayu, Kamis (20/6/2025)

Bupati Indramayu, Nina Agustina menjelaskan bantuan ALSINTAN yang diserahkan yaitu berupa pompa air sebanyak 495 unit yang diharapkan menjadi angin segar untuk petani di setiap kecamatan di Indramayu.

Sebagai upaya lain dan bentuk perhatian, Pemkab Indramayu juga menyerahkan bantuan pada kelompok tani di Indramayu yaitu pompa air sebanyak 32 Unit berukuran 4 dan 6 inch,dengan tujuannya untuk mempertahankan Kabupaten Indramayu sebagai lumbung pangan nasional secara berkelanjutan.

“Harus bisa menjaga dan mempertahankan Indramayu sebagai Lumbung Pangan Nasional. Para Camat, Kuwu beserta Koramil dan Babinsa agar berkoordinasi mengenai sistem pompanisasi supaya berjalan dengan sebaik-baiknya,” Tambah Bupati Nina.

Sementara itu Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Jawa Barat, Rustan Massinai menyampaikan sejumlah 27.000 unit pompa diberikan Kementerian Pertanian untuk tahap pertama di Indonesia pada Tahun 2024. Daerah penerima pompa terbanyak di Indonesia yaitu di Jawa Barat, sejumlah 7.033 unit.@Ono / Diskominfo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *