Buka Musrenbang RPJP, Pj Wali Kota: 3 sektor Jadi Penggerak Penting Perekonomian Sabang

SABANG10 Views
Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi memimpin pembukaan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Sabang Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Kota (RKPK) Sabang Tahun 2025.

Sabang.Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi memimpin pembukaan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Sabang Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Kota (RKPK) Sabang Tahun 2025.

“Tentu, kita bergerak dari apa yang dimiliki Sabang, apa yang menjadi potensi, kekuatan kita, dan juga tentu kita melihat kondisi kita hari ini, dimana titik-titik lemah yang memang harus kita tangani bersama,” kata Pj Wali Kota Sabang, Senin (25/3).

Dijelaskan, terdapat dua agenda kegiatan yang berlangsung di Aula Bappeda Kota Sabang tersebut, pertama Musrenbang RPJP untuk menyusun arah kebijakan pembangunan Kota Sabang 20 tahun ke depan, dan Musrenbang RKPK untuk tahun 2025.

“Pariwisata menjadi yang utama, kemudian perikanan, dan juga sektor perdagangan di pelabuhan bebas. Jadi tentu 3 sektor ini yang akan mendorong sektor-sektor lain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kota Sabang,” jelas Reza.

Menurutnya, meski telah mengalami kemajuan secara signifikan di sektor pariwisata, namun banyak hal yang perlu ditingkatkan, salah satunya adalah kualitas. Sehingga Pariwisata Kota Sabang naik kelas dan mampu bersaing ke tingkat nasional hingga internasional.

“Kita ingin menjadi pemain yang punya standar di internasional, kalau selama ini katakanlah lebih ke Aceh, Sumut, dan sebagian kecil Jakarta, bagaimana kita harus naik kelas sehingga lebih. Karena kita dekat dengan beberapa negara yang potensial, ada Thailand dan Malaysia, jadi sangat wajar kalau kita harus bisa menjadi pemain di kawasan ini, dengan kekuatan yang ada,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk naik kelas banyak hal yang harus diperbaiki, seperti fasilitas, aksesibilitas, dan konektivitas. Selain itu peningkatan kualitas daya tarik, pelayanan yang berstandar internasional, akomodasi, resort, restoran dan sebagainya juga harus dilakukan.

“Semua dari peningkatan kualitas ini kunci dan kekuatannya ada di pelestarian lingkungan. Itu yang dimiliki Sabang hari ini dan itulah yang menjadi keunggulan kita, dan dalam hal ini tentu keterlibatan masyarakat sangat diperlukan, terutama pada peningkatan kualitas, karena di Sabang ini tokoh utamanya adalah masyarakat,” jelasnya.

Pj Wali Kota Sabang berharap, dengan kolaborasi semua pihak dalam musrenbang ini, dapat menyusun kebijakan pembangunan terbaik untuk mewujudkan Sabang kota pariwisata yang maju, berakhlak, dan berkelanjutan.(sumber Humas Pemko Sabang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *