BSIP Lampung Melaksanakan Sosialisasi ESF , Kegiatan ICARE di Tanggamus

Blog42 Views

 

 

BUSERSIAGA, COM Tanggamus —  Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Lampung, melaksanakan kegiatan Environmental Social Framework (ESF) atau Mitigasi Resiko Dampak Lingkungan dan Sosial di Koperasi Tirtokencono, Pekon Airnaningan, Kecamatan Airnaningan, Kabupaten Tanggamus. Jumat, (21/6/2024).

 

Dikatakan ketua pelaksana kegiatan ESF Dede Rusmawan, ESF merupakan acuan pengelolaan dampak lingkungan dan sosial. “Hari ini kita melakukan screening lapangan bersama 9 PIU untuk mengidentifikasi dampak lingkungan dan sosial yang terjadi di kegiatan ICARE dan Lampung menjadi lokus kegiatan tersebut” katanya, mewakili Kepala BSIP Lampung Dr. Rachman Jaya.

Jelasnya, Hasil identifikasi resiko dampak lingkungan dan sosial dapat memitigasi resiko dampak sehingga dapat meminimalisir resiko dampak yang ditimbulkan dalam kegiatan ICARE.

 

“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Workshop peningkatan kapasitas manajemen lingkungan dan sosial yang dilaksanakan di Hotel Horizon Bandar Lampung pada tanggal 19 hingga 22 Juni 2024, kemudian Koperasi Tirtokencono menjadi tempat diskusi kami untuk belajar mengidentifikasi dampak lingkungan dan sosial dalam rangka membuat kerangka acuan pengolahan dampak lingkungan dan sosial di masing-masing lokasi ICARE,” jelasnya.

 

Selain itu, Dede Rusmawan juga berharap, agar kegiatan tersebut dapat dipahami oleh pelaku khususnya penerima manfaat ICARE yaitu Petani, Koperasi dan stakeholder yang lainnya. “Mitigasi resiko dari dampak lingkungan dan sosial itu bisa kita lakukan lebih dini, sehingga nanti nya tidak menimbulkan dampak negatif yang lebih besar,” harapnya.

 

Diketahui, Secara Nasional, ICARE terdapat di 9 Provinsi yaitu,

1. Lampung,

2. Sulawesi Tenggara,

3. Sulawesi Utara,

4. Nusa Tenggara Barat,

5. Kalimantan Barat,

6. Jawa Tengah,

7. Jawa Timur,

8. Jawa Barat,

9. Sulawesi Selatan.

 

Kegiatan tersebut berjalan lancar dan kondusif, tampak hadir Kepala BSIP Lampung Dr.Rachman Jaya beserta jajaran, Asisten ll Pemerintah Kabupaten Tanggamus Hendra Wijaya Mega mewakili PJ Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan MT, Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Maria Tamtina, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus Kiemas Amin Yusfi, Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanggamus Catur Agus Dewanto, Kabid Keswan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanggamus Ari. P, ESF Lampung, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan ESF Sulawesi Selatan.

 

Kemudian hadir juga Kapolsek Pulaupanggung Akp. Rahadi, Danramil Pulaupanggung Lettu Inf.Yuli Sitorus, para Pengurus Koperasi dan perwakilan kelompok tani dari Kecamatan Ulubelu, Pulaupanggung dan Airnaningan. ( Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *