Banda Aceh Gelar Deklarasi Damai Pilchiksung Serentak 2023

Banda Aceh12 Dilihat

Kapolresta : “Jaga persatuan dan kesatuan di Gampong, karena satu Gampong itu adalah keluarga”.

Banda Aceh.Para calon keuchik (kepala desa) yang akan ikut ambil bagian dalam Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) Serentak tahap kedua, mengikuti deklarasi damai di halaman Balai Kota Banda Aceh, Senin, (9/10/2023).

Deklarasi damai ditandai dengan penandatanganan pakta integritas oleh 104 calon keuchik dari 31 gampong yang akan menggelar pilchiksung pada Minggu, 15 Oktober 2023, mendatang. Segenap unsur forkopimda juga turut membubuhkan tanda tangannya.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin mengatakan semua pihak bersama-sama telah memasuki tahap yang sangat penting dalam perjalanan demokrasi di Banda Aceh.

Katanya, Deklarasi Damai Pilchiksung Serentak 2023 ini merupakan momentum bersejarah. “Kegiatan ini menandai komitmen bersama untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan integritas dalam proses pemilihan keuchik di Banda Aceh.”

Lanjut Amiruddin, sejarah pelaksanaan pilchiksung di Banda Aceh telah membuktikan bahwa masyarakatnya memegang teguh prinsip-prinsip demokrasi.

“Gelombang pertama pada 2021 telah menjadi bukti nyata kesuksesan kita dalam melaksanakan proses pemilihan keuchik secara serentak di 24 gampong. Kami mendapatkan apresiasi dari kementerian dalam negeri, dan itu adalah prestasi yang patut kita banggakan,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, Pilchiksung Serentak 2023 diikuti oleh 104 bakal calon keuchik yang memiliki visi dan misi untuk memajukan gampongnya masing-masing. Sementara Daftar Pemilih Sementara (DPS) tercatat 60.461 orang yang akan menggunakan hak pilihnya di 69 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Ini adalah jumlah yang besar, dan itu artinya tanggung jawab kita untuk menjaga proses pemilihan ini agar berjalan dengan lancar dan adil, juga semakin besar,” katanya.

Amiruddin juga mengajak seluruh jajaran dan elemen masyarakat untuk berdemokrasi dengan tetap menjaga persatuan, toleransi, dan perdamaian. “Jadikan Pilchiksung 2023 ini sebagai bukti bahwa kita adalah masyarakat yang bijaksana, yang mampu menjalankan proses demokrasi dengan damai dan aman,”.

“Saya ingin mengingatkan kita semua bahwa perdamaian adalah aset terbesar kita. Mari kita jaga perdamaian ini dengan sepenuh hati dan menjadikannya pondasi yang kuat untuk membangun gampong,” ucapnya.

Ia pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pilchiksung Serentak 2023, “termasuk pihak Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Aceh, Polresta Banda Aceh, dan Dandim 0101 KBA serta seluruh pihak terkait.”

“Mari kita bersatu sebagai satu keluarga besar Kota Banda Aceh, menjunjung tinggi semangat gotong royong, toleransi, dan persatuan. Bersama-sama, kita akan menjaga kedamaian dan keharmonisan di kota kita yang tercinta,” ujarnya

Sementara itu, Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengatakan, Keuchik adalah Jabatan seumur masa, dalam tanda kutip adalah orang yang dimuliakan, pengalaman saya terhadap rekan saya yang pernah menjabat disalah satu Gampong yang ada di kota Banda Aceh yang saat ini sudah habis masa jabatannya sampai dirinya masih di panggil Pak Keuchik di oleh masyarakat gampong tersebut.

“Keuchik merupakan pejabat yang harus aktif 24 jam, setiap permasalahan di Gampong akan dilaporkan kepada Keuchik contoh seperti permasalahan dalam rumah tangga, pencurian, dan lainnya,” tambah Farid.

Kemudian lanjutnya, Keucik juga merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat di kota Banda Aceh dan merupakan tolak ukur penilaian pelayanan yang diselenggarakan dari tingkat pelayanan paling bawah sampai tingkat pelayanan paling atas.

Semoga Pilciksung ini akan melahirkan Keuchik yg mempunyai dedikasi tinggi dan amanah terhadap Gampong yg di pimpinnya. Kepada Keuchik terpilih agar nantinya jadikan jabatan keuchik sebagai hobi, agar nantinya yang memimpin di Gampong ini tetap semangat dan ikhlas dalam mengemban tugasnya sebagai Keuchik terpilih, pungkas Farid.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli mengatakan, deklarasi ini merupakan hal yang penting, kita hadir disini akan di saksikan oleh banyak masyarakat, dan yang paling penting lagi kita hadir disni juga disaksikan oleh Allah SWT,

“Kita tetap pada komitmen kita untuk melaksanakan Pilciksung yang jujur aman dan damai, kepada seluruh unsur yang terkait tolong jaga persatuan dan kesatuan di Gampong, karena satu Gampong itu adalah keluarga,” ucap KBP Fahmi.

Kita sudah pernah menyelenggarakan Pilchiksung serentak ini pada tahun yang yang lalu di 24 Gampong yang ada di Kota Banda Aceh dan alhamdulillah berjalan sukses dan damai sehingga mendapatkan apresiasi dari Lembaga Dalam Negeri, tutur KBP Fahmi.

Ia berharap pelaksanaan Pilchiksung Serentak Tahun 2023 yang akan kita laksanakan di 31 Gampong yang di kota Banda Aceh ini juga sukses seperti Pilchiksung yang lalu, Pilchiksung ini juga merupakan tolak ukur dan simulasi dalam menghadapi Pemilu tahun 2024, apabila kita semua sukses dalam menyelenggarakan Pilchiksung serentak tahun 2023 ini maka kita juga akan Sukses dalam melaksanakan Pemilu tahun 2024, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *