Festival Ujung Barat Dikota Sabang Berlangsung Sukses Dan Meriah

SABANG39 Dilihat

Banda Aceh – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh memikat wisatawan di Kota Sabang dalam pagelaran Festival Ujung Barat yang dilaksanakan selama tiga hari, 19-21 Desember 2023.

Hal itu ditandai dengan ramainya pengunjung yang sangat antusias atas terselenggaranya event tersebut dalam rangka mendongkrak perekomian di Kota Sabang.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal yang diwakili oleh Kabid Pemasaran, T Hendra Faisal dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini sudah dimulai sejak pagi dengan kedatangan para wisatawan mancanegara melalui kapal pesiar MS Seabourn Encore.

Menurut Hendra, kehadiran wisatawan mancanegara ini menegaskan bahwa Sabang sudah dilirik atau layak dikunjungi, serta mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan.

“Disbudpar akan mencoba untuk lebih berinteraktif lagi, juga mengembangkan aktraksi pada segmen pasar internasional yang memang tujuannya sebagai objek wisata. Kemudian lebih intens serta perkuat kembali pada kunjungan mancanegara dan nusantara,” tutur Hendra, Selasa, 19 Desember 2023.

Sementara itu, Asisten III Pemerintah Kota Sabang, Rinaldi Syahputra berharap, dengan dilaksanakan Festival Ujung Barat mampu melahirkan ide-ide yang lebih kreatif dalam perkembangan event daerah.

Rinaldi juga menyebutkan, tujuan kegiatan Ujung Barat Festival 2023 yang dilaksanakan di Kota Sabang ini merupakan sebuah wadah apresiasi dan kreativitas untuk menambah nilai peradaban serta kepedulian seni di Aceh dan Kota Sabang khususnya.

“Kami sangat mengharapkan festival ini dapat menggali seluruh potensi seni yang ada di Kota Sabang dengan tetap menjaga serta melestarikan seni dan budaya yang mulai terpinggirkan,” ujarnya.

Salah satu pelaku UMKM pada Festival Ujung Barat, Evi Marina Amaliawati mengucapkan, terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang sudah memberikan wadah bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Sabang.

“Festival ini sangat membantu UMKM untuk mempromosikan produk-produknya, karena yang datang ke sini tidak hanya dari Sabang saja melainkan tamu-tamu yang berasal dari seluruh Aceh. Saya lihat di sini, tadi ada beberapa yang datang dari Meulaboh, Bireuen bahkan mancanegara,” tuturnya.

Sebagai informasi, Ujung Barat Festival tahun ini dimeriahkan dengan beragam kesenian tradisional Aceh, performance musisi lokal hingga bazar UMKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *