Kasdam IM Pimpin Rakor Penyelenggaraan Drama Kolosal Laksamana Keumalahayati jelang peringatan HUT RI Ke-79 Tahun 2024

Banda Aceh19 Views

 

Banda Aceh – Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M., memimpin kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Drama Kolosal Laksamana Keumalahayati pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024 yang berlangsung di Gedung Keumalahayati, Lt. II, Makodam IM, pada Kamis (11/07/24).

Kegiatan diawali dengan laporan dan paparan secara garis besar oleh Danrindam IM Kolonel Inf Hasandi Lubis, S.I.P., M.I.P., selaku Ketua Penyelenggara, dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab dan koordinasi.Dalam rapat tersebut, Brigjen TNI Ayi Supriatna menekankan pentingnya kolaborasi dan koordinasi yang baik antara semua pihak terkait untuk menyukseskan penyelenggaraan drama kolosal ini. Drama Kolosal Laksamana Keumalahayati dirancang sebagai salah satu bentuk penghormatan dan pengenalan terhadap pahlawan nasional dari Aceh kepada anak muda Aceh bahwa Laksamana Keumalahayati, dikenal sebagai laksamana wanita yang pertama di dunia yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh dan Indonesia.

Laksamana Keumalahayati merupakan seorang pahlawan wanita yang memimpin armada laut Kesultanan Aceh pada abad ke-16. Keberaniannya dalam memimpin pasukan dan mempertahankan wilayah Aceh dari serangan musuh telah menginspirasi banyak generasi. Melalui drama kolosal ini, diharapkan masyarakat, terutama generasi muda, dapat lebih mengenal dan menghargai jasa-jasa Laksamana Keumalahayati serta menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Dalam arahannya, Brigjen TNI Ayi Supriatna menyampaikan, “Penyelenggaraan drama kolosal ini bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan refleksi bagi kita semua tentang pentingnya mempertahankan semangat perjuangan para pahlawan. Semoga melalui kegiatan ini, kita dapat mempererat rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.”

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. Selain drama kolosal, berbagai kegiatan lainnya juga telah dipersiapkan untuk memeriahkan peringatan ini, seperti upacara bendera, pameran budaya, pameran alutsista, dan berbagai lomba tradisional lainnya.

Rakor tersebut juga dihadiri oleh Irdam IM, Kapoksahli Pangdam IM, Asisten III Sekda Aceh, Kakesbangpol Aceh, Kadisbudpar Aceh, Danrindam IM, Para Asisten dan Kabalakdam IM, Dir Samapta Polda Aceh, Dandim 0101/KBA, Wadanpomdam IM, Danyonif 117/KY, Danyonzipur 16/DA, Danyonarmed 17/RC, Dankikav 11/WS, Pasiops Lanal Sabang, Pasiops Lanud SIM, Wakil Rektor Bid. Kemahasiswaan Unsiyah, Unimal, Unmuha, Unaya dan Uin Ar-Raniry serta perwakilan para seniman dan budayawan Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *