Film “Hantu Sekolah” Siap Tayang Sebagai Fakta Langsung Ciptakan Jabar Terbaik dalam Pencegahan Dan Penindakan Pungli Di Sekolah

Jabar19 Views

 

BUSERSIAGA.COM 

JAWA BARAT – Dunia pendidikan tak pelak dari maraknya tahun – pertahun terjadinya Praktik pungutan liar yang terjadi, saat ini diprediksi dan kedepannya masih banyak terdapat dan terjadi potensi yang merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara khusus di dunia pendidikan.

Sejalan dengan itu sesuai dengan amanah Perpres Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Tim Saber Pungli, Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat telah mencanangkan sukses kembar yaitu sukses dalam bidang pencegahan/sosialisasi dan pula dalam bidang penindakan.

Disosialisasikan melalui, Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat bersama UPP Saber Pungli Kabupaten/Kota telah melakukan upaya pencegahan pungli berupa sosialisasi terhadap seluruh komponen dan steak holder yang terlibat dalam dunia pendidikan baik itu para pejabat dinas pendidikan, para kepala sekolah, peserta didik, mahasiswa dan masyarakat serta menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama para rector dan pimpinan perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Jawa Barat.

Diberbagai kesempatan,”Kombes Pol Kalingga Rendra dalam kegiatan peluncuran film edukasi tentang pungli pada bidang pendidikan yang berjudul ‘Hantu di Sekolah’ dan kegiatan pendampingan/pengawasan PPDB tahun 2024 di Provinsi Jawa Barat, yang berlangsung secara hibrid di Gedung Budaya Sabilulungan Kabupaten Bandung , Sabtu (6/7/2024).

Kegiatan peluncuran yang dihadiri Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin dan diikuti oleh ribuan peserta tersebut juga turut diikuti UPP Saber Pungli Kabupaten Indramayu Jawa Barat serta satuan pendidikan di Kabupaten Indramayu secara daring.

Kalingga menyebut, tujuan pembuatan film edukasi Hantu di Sekolah tersebut merupakan sebuah terobosan yang diharapkan dapat membawa manfaat untuk mencegah dan menghilangkan pungli di setiap satuan pendidikan atau sekolah.

Canangan Kawal PPDB 2024 agar berjalan lurus, jujur, sesuai dengan aturan dan tanpa kecurangan,dan pihaknya sudah melakukan. pendampingan pada 270 SMP, SMA dan SMK yang dianggap rawan di Jawa Barat dengan melibatkan kurang lebih 2650 personil pengamanan sejak pengumuman calon peserta didik baru yang diterima pada hari kemarin tanggal 5 Juli sampai dengan hari terakhir proses daftar ulang yakni tanggal 9 Juli 2024.” Paparannya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh jajaran Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat yang berkomitmen untuk terus menjunjung tinggi integritas dan kejujuran dalam proses PPDB tahun 2024 sehingga diharapkan siswa yang lulus PPDB merupakan anak terbaik dari berbagai aspek terutama moral dan integritas tersebut.

Dikarenakan menurut Bey, Integritas merupakan kunci utama dalam membangun Sumber Daya Manusia yang baik dan berkualitas.” Tegasnya.

” Pada intinya, kejujuran itu harus dimulai dari sejak dini dan sejak dari sekolah dan oleh karena itu kemarin saat PPDB saya mencanangkan bahwa PPDB 2024 di Jawa barat adalah yang terbaik secara nasional dan terbaik itu seperti apa yang taat aturan dan tidak titip menitip, tidak ada sogok menyogok dan juga tidak ada pungli karena prinsip adalah bagaimana kita bisa memiliki sumber daya manusia yang baik kalua orang tuanya saja sudah curang,Tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana UPP Saber Pungli Kabupaten Indramayu, Kompol Ryan Faisal melalui Ketua Posko UPP Saber Pungli Kabupaten Indramayu AKP Nandang Supriatna menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk terus membangun komunikasi serta terus berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan terutama dalam proses PPDB di Kabupaten Indramayu sehingga PPDB dapat berlangsung dengan aman, lancar, kondusif serta sesuai dengan regulasi yang ada dan tentunya bebas dari pungli. Dan masyarakat silahkan melaporkan bila ada praktik pungli langsung ke satgas saber pungli,” Pungkasnya. @Ono/Hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *