Tol Sibanceh Karya Jokowi Yang Patut Di Apresiasi

Opini105 Dilihat

Banda Aceh. Terlepas dari berbagai kritikan pedas dan kekurangan yang dimiliki Presiden Joko Widodo, rakyat Aceh patut bersyukur atas karya yang dihasilkan Presiden RI ke-7 tersebut.

Salah atau hasil karya Jokowi untuk Aceh selama menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, yaitu Jalan Tol Sibanceh. Apa yang dibangun Presiden Jokowi itu patut mendapat apresiasi.

Meskipun belum sepenuhnya tuntas dibangun, namun keberadaan jalan Tol Sibanceh ini akan sangat membantu masyarakat yang ingin melakukan perjalanan cepat dan mulus tanpa macet.

Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) yang panjangnya mencapai 74,2 km tersebut bakal rampung konstruksinya pada tahun 2023 mendatang.


Pembangunan ruas utama (backbone) tol trans-Sumatera ini masih dalam pekerjaan dan terus dikebut pembangunannya oleh Pemerintah.

Keberadaan Tol Sibanceh nantinya bakal memangkas waktu tempuh dari Banda Aceh ke Sigli maupun sebaliknya menjadi lebih cepat dari biasanya yang membutuhkan waktu hingga 3 jam.

Jika sudah selesai, jarak tempuh 3 jam itu akan menjadi 1 jam saja, karena tidak lagi harus mendaki dan menuruni gunung Seulawah.


Ada 3 ruas tol Sibanceh yang sudah dioperasikan, pertama Seksi 2 Seulimeum-Jantho dengan jarak 6,26 km, yang beroperasi pada Maret 2022.

Seksi 3 Jantho-Indrapuri dengan jaeak 16,37 km, yang beroperasi pada 26 Februari 2021, dan seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14,6 km, yang telah diresmikan pada Agustus 2020 lalu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono juga meminta agar pembangunan tol tetap patuh prinsip keberlanjutan lingkungan.


Apakah anda sudah pernah melakukan perjalanan lewat Tol Sibanceh? Jika belum silahkan mencoba dan syukuri atas kemudahan perjalanan yang akan anda rasakan lewat jalan tol yang dibangun Presiden Jokowi.(Sumber Mita Berita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *