RUSMAN;IKLIM SEPERTI SAAT INI HARUS WASPADA MEMBAKAR LAHAN PERTANIAN.

26

Buser Siaga.com-Dengan Suhu udara yang sangat panas antara 36 sampai 37 derajat celcius di Kabupaten Aceh Jaya sejak tiga hari terakhir ini dan dengan kecepatan angin 11-15 Km/jam telah menyebabkan beberapa kasus kebakaran terjadi di wilayah Aceh Jaya.

Kepala BPBK Aceh Jaya Rusman Salam,melalui Ismail Kapala bidang (kabid) Pencegahan dan Kesiap siagaan ke media ini (13/2) mengatakan berdasarkan data yang di terima dari pihak BMKG, untuk wilayah Aceh Jaya untuk saat ini sedang terjadi perubahan iklim dari musim hujan menjadi musim panas.

Pasalnya dalam kurun beberapa hari ini, berdasarkan data yang telah di terima pihak BPBK Aceh Jaya di beberapa daerah dalam Kabupaten Aceh Jaya telah terjadi berbagai kebakaran,seperti kebakaran lahan pertanian dan kebakaran rumah yang di perkirakan karena adanya perubahan iklim.

Ismail kepala bidang (kabid) pencegahan dan kesiap siagaan BPBK Aceh Jaya menghibau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap perubahan cuaca ini.

Pihaknya BPBK Aceh Jaya juga meminta pada seluruh masyarakat terutama pada masyarakat yang mempunyai lahan pertanian agar tidak membakar lahan dalam cuaca cukup panas dan bagi rumah tangga supaya memeriksa barang yang bisa menyebabkan kebakaran sebelum melakukan aktifitasnya sehari-hari.

Lanjut Ismail, jika adanya ditemukan titik api yang bisa menyebabkan kebakaran agar segera melaporkan ke berbagai pihak baik ke Kepala Desa, Camat, kepolisian, TNI maupun ke pihak BPBK supaya cepat segera di tanggulangi.(kutipan $R$).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *